Rusli

Kominfo Sebut 6 Medsos yang Terkena Pembatasan

Kominfo Sebut 6 Medsos yang Terkena Pembatasan

Ilustrasi: Google

Transsulawesi.com, Jakarta -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkap enam media sosial yang dibatasi fiturnya. Fitur yang dibatasi terkait pengiriman dan menerima foto dan video.

"Medsos itu FB (Facebook), IG (Instagram), Twitter, Line, WA (WhatsApp). Kalau videonya aja Youtube," jelasnya saat ditemui di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Kamis (23/5).

Sebelumnya, berdasarkan laporan NetBlocks.org, terdapat empat media sosial yang telah diblokir oleh operator. Keempat media sosial itu adalah Facebook, Facebook Messenger, Whatsapp, dan Telegram.

Menurut laporan itu, Instagram memang tak nampak dalam daftar media sosial yang terkena pembatasan. Tapi karena aplikasi itu menggunakan back end Facebook, maka aplikasi ini pun ikut terdampak.

NetBlocks menemukan pembatasan pemerintah dilakukan secara regional. Netblocks sendiri telah melakukan serangkaian pengukuran kinerja Internat dari 10 titik pandang di seluruh Indonesia.

"Setiap pengukuran web probe NetBlocks terdiri dari latensi round trip, tipe pemadaman dan identitas sistem otonom yang dikumpulkan secara waktu nyata untuk menilai ketersediaan layanan dan kinerja di negara tertentu," papar situs resmi NetBlocks.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan pembatasan ini dilakukan bertahap pada sebagian media sosial.

Pembatasan unggah dan unduh foto dan video ini dilakukan untuk memperlambat penyebaran hoaks dari foto dan video. Sebab, penyebaran hoaks lewat foto dan video dianggap sangat cepat memengaruhi emosi seseorang. (arf)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.